Cara Menjadi Sekretaris Profesional
Cara Menjadi Sekretaris Profesional
Apa yang ada pada bayangan Anda
ketika mendengar kata sekretaris? Ketika mendengar kata sekretaris tentunya
sebagian besar orang mengatakan bahwa seorang wanita cantik dengan
penampilan yang rapi dan selalu berada di kantor dengan membawa map atau
beberapa helai kertas untuk sang pemimpin. Anggapan tentang sekretaris itu
memang benar karena sekretaris merupakan seseorang yang membantu pekerjaan bos
atau pemimpin. Selain itu, sekretaris juga terkadang diberi kepercayaan untuk
mengetahui dan menjaga rahasia perusahaan karena dirinya berhubungan
langsung dengan bos atau pemimpin.
Bagi Anda yang ingin menjadi sekretaris profesional, berikut tips yang bisa diberikan:
1. Memiliki kepribadian yang baik
Seorang sekretaris bukan hanya harus berpenampilan
menarik, tapi juga harus memiliki kepribadian yang baik. Seorang sekretaris
profesional harus ramah, baik, dan bertanggung jawab pada semua tugasnya.
Bukan hanya baik kepada bos saja, tapi sekretaris juga harus menunjukkan
kepribadian yang baik kepada relasi atau kawan sekantor.
2. Memiliki etika yang baik
Selain memiliki kepribadian yang baik, seorang
sekretaris juga harus memiliki etika yang baik. Etika yang baik itu, seperti baik
dalam hal berbicara, makan, duduk, dan lain sebagainya. Etika yang baik itu
harus dimiliki oleh seorang sekretaris karena berkaitan dengan citra
perusahaan.
3. Pandai bicara di depan publik
Terkadang, sekretaris diminta untuk menemani pemimpin
untuk melakukan presentasi menggantikan dirinya. Untuk itu, seorang sekretaris
harus bisa belajar bicara yang baik di depan publik atau pada saat meeting.
4. Membuat citra baik untuk
perusahaan
Citra perusahaan merupakan hal yang harus dijunjung
tinggi. Karena sekretaris merupakan tangan kanan sang pemimpin perusahaan,
dirinya harus menampilkan citra perusahaan yang baik. Buatlah citra
perusahaan baik di hadapan perusahaan yang lain atau publik.
5. Pandai menjaga rahasia
Seorang sekretaris terkadang juga diberi kepercayaan
oleh pemimpin untuk mengetahui dan menjaga rahasia perusahaan. Hal tersebut
dikarenakan sekretaris selalu berhubungan dan mengetahui apapun yang dikerjakan
oleh sang pemimpin. Untuk itu, seorang sekretaris harus pandai menjaga
rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi pemimpin.
6. Mengerti teknologi
Seorang sekretaris bukan hanya pandai berdandan, tapi
harus juga mengerti teknologi. Dengan mengerti teknologi tentunya akan memudahkan
seorang sekretaris untuk mendapatkan informasi, menerima atau mengirim email,
dan lain sebagainya.
7. Mengerti accounting dan pembukuan
Sekretaris juga harus mengerti accounting dan
pembukuan. Hal tersebut harus dikuasai agar bisa melakukan pembukuan kantor.
Dengan menguasai hal tersebut, tentunya Anda bisa menjadi seorang sekretaris
profesional.
8. Harus bisa bahasa asing
Menguasai bahasa asing menjadi nilai tambah jika dimiliki oleh seorang sekretaris. Terkadang, atasan meminta seorang sekretaris untuk
bertemu dengan relasi yang berasal dari luar negeri.
Itulah cara menjadi seorang
sekretaris yang profesional. Untuk menjadi seorang sekretaris yang profesional
sebaiknya jangan suka bergosip. Hal tersebut dikarenakan akan sangat berbahaya
bagi kariernya karena sekretaris mengetahui rahasia perusahaan dan rahasia
pemimpin. Bagaimana, Anda berminat untuk menjadi sekretaris profesional?
Komentar
Posting Komentar